Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga bisa jadi salah satu cara meninggikan badan. Berikut jenis olahraga yang meninggikan badan di rumah.

Memiliki tubuh tinggi ideal merupakan idaman bagi banyak pria dan wanita. Namun, pada kenyataannya setiap orang tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Sebagian besar orang membutuhkan usaha ekstra agar badan bisa tumbuh tinggi.

Lihat Juga :

Hari Olahraga Nasional
Menguak Manfaat Hebat Berolahraga Selain Bikin Sehat

Menurut Healthline, pertumbuhan manusia berkembang pesat saat menginjak masa pubertas. Pada masa pubertas, kecepatan pertumbuhan manusia secara umum bisa mencapai 10 cm per tahun.

Meski begitu, tidak semua orang tumbuh dengan kecepatan yang sama.
Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti saat masa pubertas berakhir. Dengan demikian, praktis orang dewasa tidak mungkin lagi bertambah tinggi badan.
Mengutip Medical News Today, hal tersebut terjadi karena setelah pubertas berakhir, lempeng tulang akan membuat tulang baru. Kemunculan tulang baru dimulai dari bagian tangan dan telapak kaki, lalu lengan dan kaki. Area terakhir yang berhenti tumbuh adalah tulang belakang.
Namun, sebelum mengetahui jenis olahraga meninggikan badan di rumah, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan badan.
Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Tinggi Badan

Ilustrasi. Beberapa faktor dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan. (iStockphoto/Choreograph)

  1. DNA
    DNA merupakan sebuah rangkaian molekul yang berisi informasi genetik mutasi sel biologi yang diwariskan secara turun-temurun. DNA menjadi salah satu faktor penentu tinggi badan seseorang.
    Para ilmuwan telah memilah dan mengidentifikasi ratusan gen berbeda yang menentukan tinggi badan manusia.
  2. Hormon
    Hormon juga memainkan peran dalam menentukan tinggi badan. Tubuh secara alami memproduksi hormon tertentu yang memicu pertumbuhan lempeng tulang selama masa pubertas. Hormon pertumbuhan paling penting diproduksi tubuh di kelenjar pituitari.

Lihat Juga :

5 Manfaat Main Golf untuk Kesehatan

Hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari membantu mengatur pertumbuhan dan fungsi organ tubuh lainnya. Namun, dalam kondisi kesehatan atau medis tertentu, terjadi pembatasan jumlah hormon pertumbuhan dan berdampak pada melambatnya pertumbuhan tinggi badan.

  1. Jenis Kelamin
    Jenis kelamin disebut turut memengaruhi tinggi badan. Secara umum, laki-laki tumbuh lebih tinggi daripada perempuan. Masa pertumbuhan laki-laki juga lebih lama ketimbang perempuan.
    Merujuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, tinggi rata-rata pria adalah 175 cm dan wanita 161 cm.
    Jenis Olahraga Peninggi Badan

Ilustrasi. Lompat tali menjadi salah satu olahraga yang bisa meninggikan badan di rumah. (istockphoto/PeopleImages)

Olahraga secara teratur dapat memperkuat otot dan tulang. Olahraga teratur mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.
Karenanya, sedari dini, Anda disarankan rutin berolahraga untuk memperkuat kepadatan tulang, selain mencoba meninggikan badan. Berikut olahraga peninggi badan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  1. Lompat
    Melompat sejak dulu diklaim mampu membantu meninggikan badan karena gaya tarikan gravitasi dapat merangsang pertumbuhan kaki jadi lebih panjang. Melompat dapat dilakukan dalam beberapa cara.
    Anda bisa mencoba lompat tali atau lompat dengan menyentuh garis buatan sebagai target pada tembok rumah. Lakukan lompat tali sebanyak 40 hingga 100 lompatan setiap hari.
    Lakukan lompatan sesuai dengan kemampuan tubuh. Jika sudah terbiasa, coba-lah tingkatkan intensitas untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

Lihat Juga :

5 Cara Ampuh Mengecilkan Ukuran Betis

  1. Berenang
    Gerakan renang membuat semua anggota tubuh mulai dari kaki, lengan, dan pinggul, ikut bergerak. Gerakan tersebut secara perlahan mengembangkan kekuatan otot dan meregangkan tubuh bagian atas dan bawah saat bergerak di dalam air.
    Lebih lanjut, disebutkan bahwa gaya dada merupakan gaya renang yang cocok untuk menambah tinggi badan.
    Untuk hasil optimal, berenang sebaiknya dilakukan rutin tiga kali dalam sepekan.
    Simak olahraga yang meninggikan badan di rumah lainnya di halaman berikutnya…

Ragam Olahraga untuk Meninggikan Badan di Rumah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

1
2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *