Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus positif Covid-19 di Aceh menunjukkan tren penurunan sejak awal September 2021. Meski demikian, ada tren kenaikan kasus kematian di Aceh.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan per 11 September, Tingkat Komunitas (TK) Provinsi Aceh termasuk pada level 2. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan kasus positif di Aceh relatif rendah, hanya 20-50 kasus/100 ribu penduduk per minggunya.

Lihat Juga :

23 Daerah di Luar Jawa-Bali Masih Jalankan PPKM Level 4

TK tertinggi yakni pada level TK 4 dengan lebih dari 150 kasus/100 ribu penduduk per minggu. Menurut laporan terbaru itu, tidak ada satu pun provinsi di Indonesia masuk level ini.

Namun meski pada angka kasus positif harian terjadi penurunan, tren kasus kematian di Aceh justru meningkat. Aceh juga jadi satu-satunya provinsi yang menunjukkan peningkatan kasus kematian sejak awal September.
Jika dilihat dari level TK, Aceh termasuk dalam TK 3 di mana terjadi 2-5 kematian/100 ribu penduduk per minggu.

Lihat Juga :

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Evaluasi Setiap Minggu

Tercatat ada tujuh provinsi lainnya selain Aceh yang masuk dalam kategori ini. Rinciannya yaitu Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Bali, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.
Meski tren kematian meningkat, tren rawat inap di rumah sakit di Provinsi Aceh tak menunjukkan kenaikan. Tren rawat inap di RS di Aceh masuk TK level 3, artinya sedikitnya ada 10-30 kasus rawat inap di Aceh dalam seminggu.
Berdasarkan laporan harian Satgas Penanganan Covid-19 per Senin (13/9) tercatat ada 133 penambahan kasus positif di Aceh. Total kasus positif menjadi sebanyak 36.041 kasus.
Sementara itu, ada penambahan sembilan kasus kematian sehingga terakumulasi sebanyak 1.702 kasus kematian.

Lihat Juga :

Indonesia Jadi Negara Ke-4 Cakupan Vaksin Terbanyak di Asia

(mln/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *