Jakarta, CNN Indonesia -- Centang biru adalah fitur yang dibuat WhatsApp sebagai tanda bahwa pesan telah terbaca.

Fitur ini dianggap penting bagi sebagian orang. Sementara sebagian besar lainnya menganggap centang biru mengganggu privasi. Berikut cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan.

Lihat Juga :

Tips Teknologi
Cara Cegah Peretasan Akun Facebook, Instagram dan WhatsApp

Tanda centang di WhatsApp memiliki beberapa arti. Centang satu pada WhatsApp menandakan pesan telah terkirim ke nomor tujuan, namun pesan tidak masuk atau diterima oleh nomor tujuan. Biasanya, hal itu disebabkan oleh kondisi jaringan internet atau nomor WhatsApp Anda telah diblokir.

Sementara itu, tanda centang dua berwarna abu-abu menandakan pesan berhasil terkirim atau tersampaikan ke telepon penerima, namun belum terbaca.
Akan tetapi, tidak selalu centang dua abu-abu menandakan pesan belum terbaca, jika fitur sembunyikan centang aktif, maka centang akan tetap berwarna abu-abu sekalipun pesan telah dibaca. Sementara centang dua berwarna biru menandakan pesan diterima dan telah dibaca.
Cara Menyembunyikan Tanda Dua Centang Biru di WhatsApp

Ilustrasi. Cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan bisa dilakukan dengan menyembunyikan dua centang biru. (istockphoto/ oatawa)

Membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan bisa dilakukan dengan menyembunyikan tanda dua centang biru. Caranya tak sulit, Anda bisa melakukannya dari menu pengaturan WhatsApp, berikut ini:

  • Buka WhatsApp- Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan layar ponsel- Pilih opsi Setelan- Kemudian masuk ke menu Akun- Selanjutnya pilih opsi Privasi- Ketuk opsi Matikan Laporan dibaca- Tanda centang biru berhasil disembunyikan.

Lihat Juga :

Cara Cek Hoaks Lewat Chat di Whatsapp dan Telegram

Merujuk WhatsApp, tanda centang biru tetap dapat terlihat saat Anda membaca pesan di dalam grup atau mengunduh pesan suara yang dikirimkan secara personal.
Kendati demikian, ada cara lain membaca pesan tanpa perlu membuka WhatsApp. Caranya adalah dengan memunculkan notifikasi berupa pop-up pesan pada layar ponsel. Fitur pop-up notifikasi WhatsApp harus terlebih dahulu diubah pada menu setelan WhatsApp.
Cara Mengaktifkan Notifikasi Pop-up di Aplikasi WhatsApp

Ilustrasi. Cara lain membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan adalah dengan mengaktifkan notifikasi pop up pesan pada layar ponsel. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

  • Buka WhatsApp- Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas- Pilih opsi menu Setelan atau Setting- Pilih opsi Notifikasi- Pilih opsi Notifikasi pop-up yang diinginkan (Anda akan menemukan beberapa pilihan yakni, notifikasi pesan, grup, panggilan, nada dering, dan getaran).
    Jika setelah mengaktifkannya, notifikasi tidak juga muncul di layar telepon, Anda bisa mencoba cara lainnya.

Lihat Juga :

Cara Mudah Membuat Status Musik di WhatsApp

Cara Mengaktifkan Notifikasi Pop-up di Pengaturan Telepon

  • Buka menu Setting atau Pengaturan- Gulir layar hingga menemukan opsi Notifikasi dan Status Bar- Ketuk toggle bar untuk mengaktifkan notifikasi pop-up. Toggle aktif ditandai dengan warna biru atau hijau. Jika toggle berwarna abu-abu, toggle tersebut dalam kondisi mati atau off.
    Itu lah cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan. Selamat mencoba. (imb/asr)

[Gambas:Video CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *